When Ambition Becomes The Fuel-McLaren Story Part 1

Posted: Juli 31, 2013 by Ario Zainuddin in Feature
Tag:, , ,

bruce-mclaren-50-yearsOne man ambition can be the fuel of many others..
Mulai tahun 2011, McLaren Automotive mencanangkan peluncuran model terbaru dari lini sportcar yang berteknologi canggih dan performa tinggi. Supercar ini diyakini akan menjadi tolok ukur dalam hal driving dynamics, teknologi otomotif serta alih teknologi dari dunia F1 ke jalan raya. Tapi, kesuksesan sekarang dan di masa depan tak lepas dari sejarah panjang perusahaan ini di dunia motorsport.
134Semua ini berawal dari kelahiran Bruce McLaren tahun 1937 di New Zealand dan mendirikan Bruce McLaren Motor Racing di tahun 1963 yang bertujuan merancang, membangun dan mengembangkan mobil balap, selain sebagai komitmennya sebagai pembalap utama Cooper Grand Prix Team.
Bruce tiba di Inggris pada tahun 1958 bersama ‘Drive to Europe’ , sebuah program yang dirancang untuk mendukung pembalap amatir persemakmuran di luar Eropa untuk bertarung melawan pembalap profesional Eropa. Jack Brabham, mentor Bruce di program ini mengenalkan si pembalap muda asal New Zealand ini ke Cooper Cars, tim balap yang memiliki mobil balap ringan dan mesin yang terletak di belakang kokpit (masih jarang dijumpai saat itu). Dan karir balap Bruce McLaren dimulai bersama Cooper di kelas F2, kemudian naik kelas ke F1 di tahun 1959, tetap bersama Cooper untuk tujuh tahun berikutnya.
tumblr_m4w7617XSr1rxobalo1_1280Bruce McLaren ternyata langsung membuat kesan baik di dunia F1GP dengan menjadi juara pertama di ajang US Grand Prix 1959 dalam usia 22 tahun 80 hari, pembalap termuda yang pernah menang GP saat itu. Setelah itu ia berhasil menjuarai tiga Grand Prix dan banyak ajang balap sports car. Bruce ternyata juga bukan hanya seorang pembalap handal. Ia dibesarkan oleh keluarga pekerja otomotif. Ayahnya memiliki bengkel sehingga ia pun memiliki skill sebagai seorang mekanik. Pada usia 14 tahun ia mengikuti ajang hill climb menggunakan Austin 7 Ulster dan membuktikan bakatnya sebagai seorang pembalap dan mekanik handal.

To Be Continued..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s