The First Of Many

Posted: Juli 20, 2013 by Ario Zainuddin in Feature
Tag:, , ,

articles779_0326131307413Perancang kenamaan asal Perancis, Thibault dan Marc Devauze bersama modeler, Clement Couvreur berhasil menciptakan konsep sepeda motor Audi dengan basis mesin dari Ducati 848 namun menggunakan elemen Hypermotard dan Monster. Pembelian mayoritas saham Ducati oleh Audi membuat ide motor konsep ini bisa saja menjadi kenyataan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. Apalagi Audi pernah memiliki brand DKW.
Devauze bersaudara sendiri sangat dekat dengan dunia otomotif. Thibault pernah bekerja untuk Opel, sementara Marc di Audi. Saat mengisi waktu luang, kedua saudara ini mengunjungi museum Audi di Munich dan mendapatkan inspirasi untuk merancang sesuatu dari informasi yang mereka dapatkan di museum. Beberapa minggu kemudian, mereka mendengar Audi membeli Ducati dan ide merancang sepeda motor Audi pun datang.

Ducati dibeli oleh audi dan menjadikannya sevagai model konsep motor sport dengan brand asal Ingolstadt itu

Ducati dibeli oleh audi dan menjadikannya sevagai model konsep motor sport dengan brand asal Ingolstadt itu


Di saat yang bersamaan, Clement Couvreur, perupa model dari ISD Valenciennes masuk ke departemen yang sama dengan Thibault di Opel, dan kedua pria asal Perancis itu mulai melakukan brain storming tentang ide motor Audi. Kesepakatan pun tercapai, Thibault dan Marc menyediakan desain, sementara Clement bertugas membuat model 3D-nya.
Rencana membangun model konsep sepeda motor ini tidak berjalan semulus yang direncanakan. Dua bulan setelah melakukan kesepakatan, Clement pindah ke Perancis untuk bergabung dengan Peugeot, sementara Thibault pindah ke Italia, bergabung dengan Granstudio. Hal ini membuat kolaborasi ketiganya menjadi tersendat, dan proyek yang tadinya direncanakan rampung dalam dua bulan menjadi dua tahun.
Audi-Motorrad-Concept-4
Mereka juga mengatakan bahwa motor ini merupakan sebuah visi bentuk sepeda motor yang mungkin diproduksi oleh Audi. Ini juga merupakan proyek pertama mereka bertiga untuk Ducati, jika mendapatkan respon bagus dari public mereka berencana untuk membuat satu model lagi yang memiliki bentuk sangat berbeda.
Desain konsep sepeda motor Audi ini Kami rasa memiliki bentuk yang sangat inspiratif dan para Ducatista sangat beruntung brand Ducati mendapatkan ‘rumah’ bagus dan subur seperti Audi, harapan besar kolaborasi ini bisa menghasilkan produk baru, mengisi buku legenda Ducati lebih kaya lagi.
Motorrad concept ini juga mengandung banyak bahasa desain Audi sehingga tak mengherankan jika dalam waktu dekat Audi motorrad bisa ikut tampil pada ajang motor show dunia di booth Audi.
Outline yang dihasilkan Thibault pada Audi Motorrad Concept menimbulkan aspek menarik. Pada saat kedua devauze bersaudara mengunjungi museum Audi, mereka menyadari bahwa Audi juga memiliki tradisi kendaraan roda dua. Nama besar Audi bisa dijumpai pada brand terkenal Eropa seperti NSU, Wanderer, Auto Union serta DKW.
DKW sendiri merupakan salah satu pabrikan sepeda motor terbesar di dunia sebelum terjadinya perang dunia II, dan kendati produknya dominan mendapatkan gelar kejuaraan balap motor Grand Prix Eropa pra perang dunia II di kelas cc kecil, warisan paling terkenal dari brand ini adalah model bermesin 2-tak single , DKW RT125.
Setelah perang dunia II berakhir, desain DKW RT125 menjadi komoditas umum yang bisa diambil oleh siapa saja. Karenanya banyak brand terkenal Inggris dan Amerika menggunakan basis desain RT125 seperti Harley Hummer, BSA Bantam, Jawa 125, Royal Enfield Flying Flea serta Triumph BDG125.
Luar biasanya lagi, desain RT125 ternyata juga diambil oleh pabrikan roda dua yang kurang terkenal dan yah bisa dibilang kurang penting saat itu, Yamaha dan Kawasaki. Produk sepeda motor pertama Yamaha, Yamaha125 merupakan tiruan 100 persen dari RT125, begitu pula produk pertama Kawasaki.
Jika masih kurang, ada tingkat kemiripan tinggi antara RT125 dengan sepeda motor pertama MV Agusta, Turismo. Melihat brand MV Agusta yang memiliki prestasi cemerlang di dunia balap, hal ini sangat tidak buruk untuk DKW RT125.
DKW RT25 buatan tahun 1934. Father of all bikes? bisa jadi !

DKW RT25 buatan tahun 1934. Father of all bikes? bisa jadi !


Intinya adalah, sangat mungkin sebuah sepeda motor menyandang badge empat cincin Audi, apalagi setelah bermitra dengan salah satu pabrikan sepeda motor besar seperti Ducati. Dengan dasar nama besar yang ditinggalkan DKW, mungkin ia bisa dihidupkan kembali menjadi sister brand dari Ducati. Sudah banyak contoh brand legendaris otomotif yang dihidupkan kembali seperti Bugatti atau Lagonda, DKW merupakan salah satunya. Apakah Audi Motorrad Concept menjadi the first of many to come? And do we dare to dream?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s