Hail To The Chief !

Posted: Juli 20, 2013 by Ario Zainuddin in Feature
Tag:,

le_5Yes, they are back-with a vengeance..
Indian Motorcycle sekali lagi bangkit dari tidur panjangnya. Dibeli oleh Polaris Industries tahun 2011 lalu, Indian Motorcycle kini tengah mempersiapkan model 2014 dengan desain baru juga mesin Thunder Stroke 111 V-Twin. Desain baru ini katanya bertujuan untuk mempertahankan tampilan Indian klasik sekaligus mengimplementasikan teknologi baru ke dalam mesin V-Twin 49 derajat-nya.
Sepeda motor dengan brand Indian pertama kali dipasarkan tahun 1902, yang juga berarti lebih ‘senior’ ketimbang Harley-Davidson. Perusahaan ini kemudian dibeli oleh DuPont Motors pada tahun 1930, dimana saat itu DuPont berhenti memproduksi mobil dan berkonsentrasi penuh mengembangkan sepeda motor Indian.
2013-Indian-ChiefClassic3
Hal ini membuahkan sukses besar hingga puncaknya di tahun 1940 saat penjualan Indian berhasil melakukan penjualan dengan angka mendekati jumlah penjualan Harley-Davidson. Pada tahun 1945, DuPont menjual Indian ke Rogers Group yang sayangnya justru membawa brand ini pada keruntuhannya dengan memproduksi sepeda motor berkapasitas mesin kecil dengan desain buruk. Brand Indian akhirnya harus gulung tikar di tahun 1953.
2013-Indian-Chief-Classic_Black-and-White_View
Sejak saat itu, brand ini beralih tangan sedikitnya hingga sembilan kali dan menghasilkan beberapa produk buruk dan juga klon Harley-Davidson. Stephen Julius dan Steve Heese, pemilik Chris-Craft dan Reva, brand kapal mewah, memutuskan untuk membeli brand Indian di tahun 2004. Di tahun 2008, mereka mulai memasarkan produk Indian Chief dengan berbagai macam trim.
Logo
Kendati dianggap mengalami kemunduran dalam bidang desain, karena kembali menggunakan desain klasik yang mengandalkan kualitas serta bentuk sama seperti saat masa jayanya tahun 1940-1950an, Indian Chief lansiran Kings Mountain justru lebih menarik perhatian para penggemar brand ini, bahkan Indian sempat diberi julukan ‘The Bentley of motorcycle’.
Jumlah produksinya memang bisa dibilang sangat terbatas, mungkin hal ini untuk membenarkan harga jual fantastis yang menjadi banderol Indian dengan membuatnya langka. Ternyata strategi ini membuat Indian kian kehilangan peminat, selain merupakan langkah bisnis buruk, namun semuanya di luar desain sophisticated dari produknya sendiri.
2013-Indian-ChiefClassic1
Tahun 2011, Polaris Industries mengambil alih brand Indian Motorcycles sekaligus memindahkan operasi dan fasilitas produksi ke spirit Lake, Iowa. Model Indian Chief 2013 menjadi model terakhir yang diproduksi di Kings Mountain. Polaris memutuskan untuk mengembangkan desain baru yang akan menyandang nama Indian dengan lini model yang baru akan diluncurkan akhir tahun 2013 ini. model baru Indian lansiran Polaris ini akan dibekali dengan mesin baru, Thunder Stroke 111 (TS111) berkapasitas 1.811 cc yang dibangun dari nol.
Indian Spirit of Munro, Daytona, FL, March 2013
Mesin Thunder Stroke ini merupakan unit berkonfigurasi V-Twin dengan sudut 49 derajat, 4 langkah lengkap dengan sistem fuel injection. Tenaga maksimum belum bisa dikatakan, namun kabarnya mesin ini mampu menghasilkan torsi sebesar 160 Nm, cukup normal untuk motor di kelas ini. putaran mesin mencapai red line di angka 5.500 rpm serta menyalurkan tenaga ke roda belakang via sistem transmisi 6 speed overdrive dan belt yang diperkuat menggunakan serat karbon.
Mesin baru ini juga dilansir sebagai inkarnasi modern dari aspek positif dan bahasa desain mengacu pada karakteristik sepeda motor Indian klasik. Kami sebagai penggemar juga mengharapkan model Indian 2014 tetap mengusung bahasa desain Indian klasik dengan harga yang bersahabat tentunya. Untuk hal yang satu ini, CEO Polaris, Scott.W.Wine juga telah menyatakan harga Indian 2014 akan lebih ‘affordable’, ini merupakan salah satu pernyataan yang harus dipegang. A ‘must have’ bike ? untuk Indian Motorcycle kami mengatakan, Definately Yes !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s