GAZ Kebanggaan Dari Balik Tirai Besi

Posted: Agustus 19, 2011 by Ario Zainuddin in Feature
Tag:, , , ,

Bicara mobil Eropa tak lengkap jika tidak membicarakan mobil dari bagian Timurnya. Selalu dianggap plagiat juga berdesain kasar tak menyurutkan niat negara tirai besi ini untuk berkarya. Contohnya GAZ (Gorkovsky Avtomobilny Zavod) atau Gorky Automobile Plant yang memulai operasinya di tahun 1929 dengan nama NNAZ, sebuah perusahaan kerjasama dengan Ford Motor Company, yaa betul sekali, kedua perusahaan ini akur sebelum perang dingin.

apakah anda kenal logo ini ?

Bulan Mei 1929, negara Uni Soviet menandatangani sebuah perjanjian dengan Ford motor Company. Salah satu butir perjanjiannya adalah pihak uni Soviet setuju untuk membeli kendaraan dan parts senilai 13 Juta Dollar, imbalannya Ford setuju untuk memberikan konsultasi teknis serta membangun instalasi produksi otomotif di daerah Nizhny Novgorod sampai dengan tahun 1938. Deal yang bagus untuk masa itu.

GAZ-A , kendati produksi kerjasama dengan Ford masih menjadi kebanggaan Rusia hingga kini

Selesai pada tahun 1932, pabrik dan brand GAZ mulai memasuki tahap produksi, dan keluaran pertama dari pabrik ini adalah kembaran Ford Model A, yang di Rusia diberi nama GAZ-A (kurang kreatif ya?) dan model pikap, GAZ-AA (Ford Model AA). Produksi yang dimulai tahun 1932 ini berlangsung terus hingga tahun 1936 dan mencapai produksi total untuk GAZ-A sebanyak 100.000 unit.

Di masa ini banyak pekerja dan teknisi Amerika Serikat yang pindah ke Uni Soviet untuk bekerja menyelesaikan pabrik GAZ. Beberapa dari mereka bahkan tinggal di sana saat pabrik selesai di tahun 1932 dan sayangnya menjadi korban kekejaman rezim Stalin, ditembak mati atau masuk Gulag (kamp kerja paksa). Nama GAZ sendiri baru diterapkan saat kota Nizhny Novgorod berubah nama menjadi Gorkovsky (setelah Maxim Gorky, Penulis, aktivis politik, Pahlawan Uni Soviet). Dari tahun 1935-1956 logo perusahaan dibubuhi imeni Molotova dan menjadi seperti logo di atas.

GAZ M1 (M'ka)Kembali ke produksi mobil, model GAZ-A kemudian digantikan oleh GAZ M1 (tiruan Ford V8) yang lebih moderen dan diproduksi mulai tahun 1936 sampai 1942. Huruf “M” pada M1 sendiri merupakan kependekan dari Molotovets (kejayaan Molotov), dari situ lah mobil ini mendapatkan julukan M’ka.

GAZ 61 mobil penumpang 4WD pertama di dunia

Mendapatkan pengalaman dari kesuksesan A dan M1, GAZ mulai mengembangkan model sendiri di luar “cetakan” Ford. GAZ 11 merupakan kelahiran dari kebebasan desain ini di tahun 1942 dan merupakan edisi terbatas saat perang dunia II hingga tahun 1946. Sementara itu model M2 mulai produksi di tahun 1941, merupakan sedan pertama yang menggunakan sistem penggerrak all-wheel drive. Model ini dijual dengan kuantitas terbatas, bersamaan dengan GAZ 61 yang bisa dibilang merupakan kendaraan penumpang pertama yang menggunakan penggerak 4WD.

GAZ M20 Pobeda, cerminan kemenangan Soviet di PD II

Di masa perang, para teknisi dan desainer GAZ bekerja keras untuk mengembangkan model paling anyar sebagai persiapan saat perang selesai. GAZ M20 Pobeda (Victory) merupakan hasil dari kerja keras ini. Sedan bergaya Fastback ini memasuki produksi pada tahun 1946 dan berlanjut hingga tahun 1958. Pobeda juga diproduksi dengan nama Warszawa dibawah lisensi yang diberikan GAZ kepada FSO, pabrikan asal Polandia hingga tahun 1970. Sementara versi all-wheel drivenya, GAZ 72 diproduksi secara terbatas. Di masa perang ini, GAZ juga merakit Chevrolet G7107 dan G7117 (G7107 dengan winch), yang tentu saja di bawah lisensi General Motors.

GAZ 69 yang sempat dipakai oleh militer Indonesia

Setelah masa perang dunia II selesai, GAZ juga melahirkan kendaraan yang ikonik seperti GAZ 12 ZIM (1950-1960) yang sangat mirip dengan Chrysler 300, GAZ 24 Volga (1968-1985), mobil mewah GAZ 14 Chaika (1977-1988) dan yang pasti familiar dengan mata orang Indonesia, GAZ 69 (1952-1972).

Gorbachev's GAZ-14 Chaika

Pada era perang dingin, GAZ lebih banyak menghasilkan produksi kendaraan militer dan kendaraan angkutan berat ketimbang kendaraan penumpang, pasalnya pemesanan dari militer dan industri lebih banyak dan menguntungkan dari mobil penumpang. Pada era ini GAZ melahirkan kendaraan militer seperti BTR-60/70/80/90 armored personnel carrier (1960-2004), T-80 light tank (1976-sekarang), GAZ-66 – 4×4 military truck (1964-1999), dan banyak lagi.

Dodge Stratus 2007

Pada tahun 2006, DaimlerChrysler melakukan modernisasi pada pabrik perakitannya di Sterling Heights, hasilnya assembly line dari Dodge Stratus berikut perkakasnya dijual ke GAZ serta dikirim ke Nizhny Novgorod, Rusia. Salah satu butir perjanjian jual beli ini termasuk bersedianya GAZ untuk melanjutkan produksi Dodge Stratus dan boleh membuat model dan nama produk baru setelahnya, hal ini mungkin karena GAZ sekaligus membeli lisensi platform dari Dodge.

GAZ Volga Siber 2008 yang memiliki platform sama dengan Dodge Stratus

Hal ini membuat GAZ semakin optimis untuk segera mengeluarkan versi baru dari sedan kebanggaannya, Volga yang dijadwalkan bisa segera diperkenalkan kepada masyarakat Rusia pada tahun 2007. Sayangnya GAZ tidak konsisten dalam menjalankan rencana ini. Proyek Volga diperpanjang hingga tak jelas kapan selesainya, sementara masyarakat Rusia harus puas dengan versi facelift dari Volga lama. GAZ menggunakan kata “retro” untuk menyebut versi facelift ini dan secara bersamaan meneruskan produksi Dodge Stratus yang kemudian dijualnya dengan nama Volga.

HUMM..NO ! its a GAZ Tiger

Sampai saat ini GAZ terus menghasilkan kendaraan baru yang tak kalah dengan produk pabrikan Eropa lainnya, kendati masih terlihat sedikit mirip dengan mobil-mobil produksi Amerika, tak bisa disalahkan karena pabrikan ini memulai karirnya bekerja sama dengan pabrikan negeri paman Sam. Intinya adalah berani memulai, walau harus menjadi plagiat, namun terus berkarya hingga akhirnya bisa menciptakan karya original dan diterima oleh dunia.

Komentar
  1. pedal2themetal mengatakan:

    Volga! Mungkin kayak Corolla dari Russia, dah puluhan tahun namanya masih ada ampe sekarang (entah besok?)

    Ciri-cirinya, kualitas produk rendah, suspensi super tinggi & keras😆

    Cuman awetnya itu…sama kayak AK-47!

    Paling konyol Volga-3111, dah keren-keren didesain, eh kagak laku….balik lagi ke “selera Nusantara”, alias sedan simpel & awet…

    Rusia tuh baru tahu ternyata banyak bener produsen mobilnya, paling inget di otak kayaknya cuman ZIL (limosin baja) sama Marussia doang🙄

    BTW, Keren banget Mas postingannya! Nambah info-info menarik😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s