Jeff Koons BMW M3 GT2 Art Car

Posted: Juli 28, 2011 by Ario Zainuddin in Feature
Tag:, ,

BMW M3 GT2 Art Car

Jeff Koon's M3 GT2 Art car

Ya memang mungkin anda telah membaca artikel ini jutaan kali, tapi tidak ada salahnya membaca satu lagi kan?

BMW M3 GT2 Art Car dari Jeff Koons memulai debutnya di Centre Pompidou, Paris awal Juni tahun lalu. Tempat ini memiliki arti khusus bagi BMW Art car, Roy Lichtenstein juga menandatangani art car karyanya tahun 1977 silam. Dengan semangat yang diusung oleh Calder, Stella, Lichtenstein dan Warhol –para seniman pencipta art car- BMW memperkenalkan Art car terbaru berbasis M3 GT2 karya Jeff Koons ini.

The Design Process

Sebagai bagian dari proses kreatifnya, sang seniman mengumpulkan gambar-gambar mobil balap, desain grafis, warna-warna cerah  juga ledakan dan kecepatan. Hasilnya hasil karya seni dari Koons, energi, power, gerakan dan ledakan yang evokatif! Warna interior silver dan desain warna di bagian eksteriornya membuat art car ini seakan bergerak walaupun sedang diam. “Mobil ini seakan hidup, bertenaga dan memiliki banyak energi.”tukas Koons.”Anda bisa berpartisipasi dengannya, menambahkan sesuatu padanya dan membiarkan anda menyatu dengan energinya.”tambahnya lagi.

Di bawah pengawasan dan arahan dari Koons, Art car ini dibuat bersama dengan para teknisi dan desainer BMW di Schmid Design, (ORT), Bavaria. Tantangan yang harus dihadapi oleh tim ini adalah penggunaan bahan ringan juga desain yang tidak mengganggu aerodinamis juga bobot mobil, pasalnya mobil ini juga diturunkan di ajang balap ketahanan 24 jam di Le Mans. Waktu juga menjadi soal yang penting bagi tim. Hanya dua bulan waktu yang diberikan kepada mereka untuk menyelesaikan proyek ini, mulai dari gambar hingga model jadi. Karenanya metode digital print di atas bahan vinyl menjadi pilihan tim untuk penyelesaian art car ini. Untuk mendesain pola warnanya yang dinamis, Koons menggunakan CAD untuk mengaplikasikan desain 3D menjadi 2D ditambah lagi dengan proses “pembungkusan” vinyl ke mobil `dan beberapa spare partnya yang sangat sulit.

Desain Koons ini menggunakan banyak warna cerah yang kontras untuk mewakili kekuatan. Konsep desainnya ditransformasikan ke dalam garis-garis warna yang tegas, sementara beberapa grafik percahan ditambahkan ke bagian buritan mobil dan 2 buah grafis lingkaran diapliaksikan untuk mewakili akselerasi supersonik.

1979 Andy Warhol's Art Car

BMW Art Cars

Sejak tahun 1975, para seniman dari berbagai belahan dunia telah merubah mobil sport BMW menjadi sebuah karya seni. Tahun 2007 merupakan tahun terakhir sebelum Koons dimana BMW menampilkan Art Car “Your mobile expectations: BMW H2Rproject”karya OlafurEliasson. Sementara Art Car BMW lainnya karya Warhol,

1976 Frank Stella"s Art Car

Lichtenstein, Stella, Rauschenberg, Hockney dan Holzer telah ditampilkan di berbagai galeri dan museum terkenal dunia termasuk Louvre, Guggenheim Museums, dan the Shanghai Art Museum. Art Car ini juga telah ditampilkan di museum BMW di Munich di rentang tahun 2006-2010, sebagian besar dari mobil ini juga telah melakukan tour ke Asia, Russia, Afrika, India dan Amerika Serikat. Sebagai tambahan, nomor “79” yang tertera di pintu mobil karya Koons ini merupakan penghormatan kepada mobil karya Andy Warhol di tahun 1979 dan nomor “76” yang ada di mobil karya Warhol merupakan tribute kepada mobil karya Frank Stella di tahun 1976.

Dan sekarang anda pun bisa menyaksikan Art Car dari Jeff Koons di booth BMW, Hall B Indonesia International Motor show 2011, Kemayoran Jakarta mulai tanggal 22 – 31 Juli ini.

 

 

Komentar
  1. pedal2themetal mengatakan:

    Vinyl ya rupanya….Dikirain numpahin cat pop art ala M1 Procar Andy Warhol🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s