RAJA PIKES PEAK BARU: 100% ELECTRIC NISSAN LEAF

Posted: Juli 18, 2011 by sonnyramelan in News
Tag:, , , , ,

Pada putaran ke 89 Pikes Peak International Hill Climb bulan Juni 2011 lalu, veteran juara off-road truck racing Nissan Chad Hord dan Nissan LEAF yang 100% bertenaga listrik membuat sejarah baru sebagai pemenang pertama Electric Production Class. Menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 14 menit 33 detik di lintasan sejauh 12,42 mil. Walaupun menggunakan kelengkapan standar kecuali beberapa perubahan interior untuk keamanan dan penggunaan velg dan ban yang lebih agresif, LEAF mengungguli beberapa pesaing lainnya yang menggunakan mesin-mesin modifikasi.

Lintasan sejauh 12,42 mil dengan 156 tikungan ini diawali pada ketinggian 9.390 kaki dan berakhir pada 14.110 kaki di puncak Pikes Peak. Saat para peserta mendaki menuju puncak, tipisnya udara memperlambat gerak refleks dan menyusustkan kekuatan otot. Udara yang tipis ini juga memboroskan sekitar 30% kekuatan mesin. Namun, motor elektris LEAF tidak terpengaruh sama sekali dan tetap menghasikan jumlah tenaga yang sama dari awal hingga akhir.

LEAF melibas tikungan-tikungan hampir tanpa suara selain bunyi gesekan ban dan dengkingan suara alat tanda bahaya yang dipasang panitia untuk memperingatkan para penonton. LEAF keluar dari pabrik dilengkapi dengan sistem pedestrian warning yang menyala pada kecepatan 30 mil per jam, namun ternyata LEAF meluncur terlalu cepat sehingga sebuah sistem tambahan dirasa perlu untuk memperingatkan para penonton di sepanjang lintasan.

“LEAF sangat menyenangkan dibawa mendaki gunung,” ujar Hord. “Dengan torsi instan dari motor elektrisnya kami mampu melesat di setiap tikungan lambat dan performanya benar-benar konsisten dari awal hingga akhir karena motor elektrik tidak terpengaruh ketinggian seperti mobil-mobil lain bertenaga bensin.”

Karena para peserta hanya dapat berlatih di sepertiga jarak lintasan saja selama 1 minggu menjelang lomba, inilah pertama kalinya Chad dan LEAF menyelesaikan lintasan dalam satu kali jalan. “Nissan LEAF dan Chad tampil tanpa cela,” ujar Ron Stukenberg, senior manager, Marketing Communications, Motorsports. “Ini adalah cara inovatif untuk mendemonstrasikan bahwa kendaraan elektris murni dapat tampil sangat baik dalam situasi keras seperti Pikes Peak International Hill Climb.”

Baru saja memenangi podium pertamanya di Traxxas TORC dengan Nissan Frontier minggu lalu di Crandon International Speedway, Colorado Springs, Brad Lovell mencatatkan dua gelar berturut-turut dengan urutan kedua di kelas Pikes Peak Open dengan catatan waktu 12 menit dan 33 detik. Lomba diselesaikan dengan mobil yang sama saat meraih podium di Crandon.

“Kami kembali ke Colorado Springs dari Wisconsin dan segera memodifikasi Frontier dengan setting pavement-type untuk melewati inspeksi teknis pada hari

Selasa dan kemudian latihan keesokan harinya,” ucap Lovell. “Tim mengerahkan usaha terbaik mereka untuk mewujudkan semuanya dengan waktu tidur yang sangat kurang. Saya tidak bisa lebih bangga lagi dengan apa yang kami capai dalam dua minggu terakhir ini.”

Lovell dan Hord akan berlomba pada tanggal 22-23 Juli di Charlotte Motor Speedway, Concord, North Carolina pada gelaran Traxxas TORC dengan Lovell di belakang kemudi Nissan Frontier dan Hord dengan Nissan Titan.

Photos by Nissan North America Inc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s