This JUKE is no FLUKE !

Posted: Juli 12, 2011 by Ario Zainuddin in News
Tag:, , , ,

Masih ingat artikel pemecahan rekor dunia berkendara menanjak dengan 2 roda dengan kendaraan roda 4 di Goodwood? Nah ini merupakan kelanjutan dari artikel itu.

Mulai ! tikungan pertama

The fast sellling Crossover dari Nissan, JUKE berhasil memecahkan rekor Guinness World Record dengan mendaki Goodwood Hill hanya dengan menggunakan 2 rodanya (miring) dengan waktu tempuh 2 menit 55 detik dengan jarak tempuh 1.5 km, Dalam ajang Goodwood Festival of Speed.

Untuk membuktikan bahwa ini bukan kebetulan atau trik, Terry Grant, stunt driver yang dipercaya oleh Nissan membesut JUKE pemecah rekor ini mengulangi aksinya berkali-kali, bahkan sempat mengajak beberapa pengunjung untuk ikut dengannya.

Kendati Grant membuat pemecahan rekor ini terlihat mudah, kenyatannya justru sebaliknya. “Sangat sangat sulit..saya harus kerja ekstra keras”.aku Terry Grant. “Jika anda tahu yang anda kerjakan, mengemudi mobil dengan 2 roda di lintasan lurus mungkin memang mudah, namun jika harus mengemudikannya keliling sirkuit itu lain cerita. Apalagi Goodwood memiliki tanjakan dan turunan ditambah lagi tembok dan pepohonan, hampir saja saya terguling tadi”.tambahnya lagi.

Lanjut..Awas temboknya Grant !

Untuk membuat JUKE berada di atas dua rodanya, Grant menggunakan ramp tepat di depan garis start, sebelum memasuki tikungan pertama yang memiliki radius hampir 90 derajat ke kanan. “Di situlah aksi ini mulai menjadi sulit, saya harus konsentrasi keras, karena jika salah sedikit saja akan berakibat mobil terguling”.jelas Grant.

Tikungan pertama tadi ternyata bukan yang tersulit. Rintangan yang paling terkenal di sirkuit Goodwood Hill adalah tembok stout flint yang berada di ujung lintasan, menjorok ke dalam lintasan. “Mengendarai mobil miring membuat sudut pandang anda terbatas.dari kursi pengemudi saya hanya bisa melihat bonnet mobil dan sedikit langit. Saya samasekali tidak tahu di mana tembok itu berada”.canda Grant.

Aksi ini menarik perhatian para penonton yang terus bertepuk tangan dan bersorak sepanjang JUKE melintas di Goodwood Hill. Tak hanya mereka, para jurnalis pun meninggalkan pekerjaan mereka untuk mengintip aksi ini lewat layar monitor di media centre.

Hampir sampai...

Tak puas hanya mengemudikan JUKE sendirian, Grant pun mengajak penonton untuk ikut bersamanya sebanyak 3 putaran bergantian, di antaranya adalah Amanda Stretton, komentator sirkuit dan Anthony Hamilton, ayah pembalap F1 McLaren Lewis Hamilton. “Yang paling sulit diatur adalah Robbie Maddison, pembalap motor asal gaek asal Australia. Dia terus melambaikan tangan ke penonton sepanjang putaran’.tutur Grant.

Finish ! you can put your hand now Robbie..

Tak puas dengan prestasi JUKE ini, berikutnya Nissan akan memecahkan rekor dunia mengelilingi sirkuit ini dengan menggunakan mobil elektrik, Nissan LEAF, secara mundur. Karena mobil listrik ini tidak menggunakan sistem transmisi, teorinya mobil ini bisa mencapai kecepatan mundur dan maju yang relatif sama. Nissan LEAF mampu mencapai kecepatan maksimum 145 kmh saat melaju maju dan sekitar 100 kmh saat dipacu mundur.

Penasaran dengan aksi Nissan LEAF ini? Tetap ikuti perkembangannya di Ariotomotive….

Photos by Newspress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s