Akhir Penantian 9 Tahun

Posted: Juli 11, 2011 by Ario Zainuddin in Feature
Tag:, , ,

-Volkswagen Golf Cabriolet-

The Old and The New

Setelah penantian panjang selama 9 tahun, para fans VW Golf Cabriolet kini bisa bersenang hati, pasalnya Volkswagen telah melansir versi Cabriolet dari model Golf yang  memiliki penggemar terbanyak setelah Beetle dan Kombi.

Melakukan debut pertamanya di ajang Geneva Motor Show 2011, sedan four-seater dua pintu ini dilengkapi dengan atap soft-top yang bisa dibuka-tutup hanya dalam waktu 9.5 detik saja dan bisa dioperasikan saat mobil berjalan (max.speed 30 kmh) sebagai fitur standar. Atap yang disimpan di dalam bagasi ini sama sekali tidak mengganggu kapasitas menyimpan barang bawaan anda. Dengan atap tersimpan, kapasitas ruang bagasi masih 250 Liter, lebih dari cukup untuk membawa belanjaan anda bukan?

Secara dimensi, VW Golf Cabriolet 20 Cm lebih pendek dari Eos, tepatnya memiliki panjang 4.215 mm, tinggi 1.424 mm dan lebar 1.779 mm. Sementara wheelbase-nya yang memiliki ukuran 2.578 mm sama dengan model Golf hatchback, memastikan mobil ini memiliki banyak ruang untuk keempat penumpangnya. Perbandingan 50:50 split folding untuk kursi belakang sehinga memudahkan penumpang belakang melakukan kegiatan keluar-masuk mobil.

Modifikasi di sektor suspensi untuk kenyamanan dan penerapan ABS,ESP sebagai sistem keselamatan aktif

Di haluan, desain grill dan bonnetnya memudahkan mata awam untuk mengenali cabriolet ini sebagai VW Golf, kendati demikian mulai dari jendela belakang hinga buritan memiliki desain yang sama sekali baru, memberikannya tampilan yang lebih sporty. Kluster lampu di bagian buritan yang berdesain baru serta desain tutup bagasi memberikannya tampilan yang bisa membuat anda pangling.

Modifikasi struktural di bagian bodi untuk menunjang keselamatan pengendara

Yang tidak bisa dilihat dari luar adalah perubahan yang dilakukan di bawah kulit. Modifikasi yang dilakukan oleh VW kepada cabriolet ini memastikan keselamatan, kenyamanan dan fitur lainnya tidak terganggu di versi model ini. Hal ini termasuk penguatan frame jendela, modifikasi struktural di bagian underbody, panel-panel samping, sambungan panel bodi, juga pintu untuk memperkuat struktur dan meningkatkan tingkat rigiditas torsional cabriolet ini. Bagian atap juga mendapatkan perbaikan dengan penggantian bahan, begitu pula dengan sil pintu dan jendelanya.

Keselamatan sudah menjadi faktor nomor satu di Volkswagen, karenanya Golf Cabriolet dilengkapi juga dengan sistem anti rollover aktif, ABS, ESP serta airbag pelindung kepala/tenggorokan di bagian depan dan samping untuk pengendara dan penumpang depan sebagai fitur standar.

Mesin TDI yang sama perkasanya dengan mesin bensin

Mesin TSI yang sangat efisien bahan bakar

Golf Cabriolet juga dibekali dengan tiga pilihan mesin, mesin bensin 1,2 Liter TSI 103.56 hp, mesin bensin 1,4 Liter TSI 157.81 hp dan mesin diesel 1,6 Liter TDI berkekuatan 103.56 hp. Pilihan satu mesin bensin dan dua mesin diesel yang lain akan menyusuldi akhir tahun ini. Untuk menyalurkan tenaga mesin ke sistem penggerak, transmisi otomatis DSG diaplikasikan untuk mesin bensin, sementara modifikasi teknologi BlueMotion diterapkan kepada mesin diesel untuk menambah efisiensi dan keluaran emisi yang rendah.

Ada tiga level model yang ditawarkan VW untuk Golf Cabriolet. Model S, SE dan GT, yang semuanya akan mendapatkan spesifikasi fitur yang berbeda sebagai fitur standarnya. Seperti velg alloy 16 inci dan Bluetooth untuk versi S, tambahan sistem pengatur udara 2Zone, cruise Control, sensor parkir dan lampu otomatis untuk SE dan tambahan sistem suspensi sport, jok dan konsol berbahan Alcantara serta velg alloy 18 inci untuk versi GT.

 

 

Sejarah Singkat VW Golf Cabriolet

VW Golf Cabriolet telah terjual sebanyak 1,42 Juta unit di seluruh dunia, menjadikan pabrikan jerman ini sebagai salah satu produsen Cabriolet tersukses. Mulai tahun 1979 hingga tahun 2002 sebanya 684.000 unit Golf Cabriolet laris manis di pasaran dunia. Sementara model Golf Cabriolet yang paling anyar akan dirakit di instalasi produksi Volkswagen yang berlokasi di Osnabrück (dulu bernama Karmann company-rumah desin yang juga merancang Karmann Ghia).

Perjalanan

Desember 1976           : Prototype “Generation1” dari Golf Cabriolet dirakit di Osnabrück

Juni 1979                     : Unit nomor satu dari versi produksi keluar dari pabrik Osnabrück

April 1980                   : Penjualan Golf Cabriolet Mk I mulai dilakukan

Januari 1983                : Golf Cabriolet Mk III mulai masuk pasar

Juni 1998                     : Golf Mk III mengalami revisi dengan mangaplikasi desain Mk IV

Juli 2002                      : Golf Cabiolet dihentikan produksinya

Maret 2011                  : Golf Cabriolet Mk VI melakukan debut di Geneva Motor Show

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s